Pengertian Investasi: Jangka Pendek dan Panjang

Sudah mau berinvestasi? Bila sudah, apakah sudah paham mengenai pengertian investasi? Apakah pengertian investasi hanya sekedar menanam modal (uang) dengan harapan mendapatkan keuntungan di suatu saat nanti, baik jangkan pendek atau panjang?

Pengertian Investasi: Jangka Pendek dan Panjang

Memang kata investasi bisa digunakan untuk apa saja, bukan hanya untuk menanam modal atau yang bersifat finansial. Sebagai contoh, anda berinvestasi waktu untuk menempuh karir kerja atau pendidikan. Banyak orang yang sering menggunakan kata investasi untuk hal-hal yang tidak berkaitan dengan finansial.

Padahal, secara bahasa sendiri pengertian ‘investasi’ hanya berkaitan dengan masalah finansial, bukan dengan hal-hal lain. Kalau melihat pengertian investasi menurut sumber terpercaya pun seperti Wikipedia, pengertiannya tetap hanya berkaitan dengan masalah finansial sebagai tujuan utamanya.

Dalam hal pengertian investasi, mencoba untuk membahas hanya mengenai investasi yang berkaitan dengan finansial.

Berkaitan dengan pengertian investasi, investasi pun masih terjadi perbedaan pengertian. Menurut investor yang sudah ahli dalam dunia investasi, seseorang yang dikatakan sudah bergelut dalam dunia investasi bukan berarti ia adalah seorang investor. Padahal, secara bahasa sendiri, orang yang sering melakukan investasi berarti adalah seorang investor. Ini menandakan bahwa pengertian investasi dalam hal finansial pun berbeda menurut, bergantung orang yang melakukan investasinya.

Maka di sini akan menjelaskan pengertian investasi menurut jangka waktunya. Karena dengan hanya melihat jangka waktu dalam melakukan investasi maka akan melihat perbedaan sikap dua golongan yang melakukan investasi.


Pengertian Investasi Jangka Pendek dan Panjang:

Pengertian investasi jangka pendek ini, tentu anda sudah mengertahuinya. Jelas, karena jangka pendek maka yang akan dilakukan adalah hal-hal yang bersifat instan alias instan menghasilkan uang atau keuntungan.

Kalau investasi jangka panjang, tentu seperti orang yang sedang melakukan perjalanan jauh, yang membutuhkan waktu, tenaga dan pemikiran. Baru setelah menempuh perjalanan panjang maka akan sampai ke tempat tujuan.

Berikut penjelasannya detailnya.

Perencanaan Investasi

Karena hanya mementingkan investasi jangkan pendek, maka tidak membutuhkan perencanaan investasi yang jelas. Kalau pun mereka terjebak dalam investasi jangka panjang, pun tetap mereka tidak memiliki perencanaan investasi yang jelas. Karena memang sudah menjadi karakter si investor dalam jenis ini.

Golongan yang mementingkan investasi jangka panjang, maka mereka akan memiliki perencanaan-perencanaan yang matang dan jelas. Seperti orang yang akan menjalankan perjalanan yang jauh, maka akan membuat perencanaan perjalanan yang akan dijalankannya.

Kalau pun investor ada langkah untuk investasi jangka pendek, tentu hal ini untuk kepentingan investasi jangka panjangnya. Seperti mau berangkat menuju perjalanan jauh, tentu akan menempuh perjalanan pendek terlebih dahulu seperti dari rumah ke jalan raya.

Keuntungan Investasi

Seorang yang hanya mementingkan investasi jangka pendek, tentu karena ingin segera menikmati hasilnya. Biasanya, seorang yang terjun dalam dunia investasi jangka pendek akan melakukan kegiatan seperti jual-beli saham di bursa. Ketika harga saham sedang naik, maka akan segera menjualnya. Namun ketika saham sedang turun, maka akan segera membelinya. Investor jenis ini sebenarnya bukan investor namun sekedar pedagang alias broker.

Namun, seorang yang mementingkan investasi jangka panjang, tidak terpengaruh mengenai hal-hal yang dilakukan investor kelas broker. Baik harga saham sedang turun atau naik, tetap dalam pendirian perencanaan. Bahkan, investor jenis ini membeli saham langsung dari dalam perusahaan alias mengetahui keadaan keuangan perusahaan dan sistem sebelum melakukan investasi.

Begitu juga dalam hal investasi di properti, emas, dan lainnya, tidak memikirkan keuntungan jangka pendek. Sehingga, kalaupun harga properti sedang naik, bila belum sesuai dengan rencana investasinya maka tidak akan menjual properti yang dimilikinya.

-----

Begitulah, pengertian investasi dan pengertiannya menurut jangka waktu yang dilakukan seseorang dalam kegiatan investasi. Ke depan, akan menjelaskan berbagai masalah mengenai dunia investasi dan pengelolaannya.

Dapatkan informasi artikel terbaru ke email anda. Jangan ketinggalan. Masukkan email aktif Anda di bawah:

0 Response to "Pengertian Investasi: Jangka Pendek dan Panjang"