Pengertian dan Cara Investasi Reksadana

Banyak orang yang merasa bingung dengan dunia investasi dan caranya terutama tentang cara investasi reksadana. Patut diakui memang seperti ini. Dunia investasi seperti hutan rimba, bila tidak tahu kosakata atau jalan bercabang-cabang dari investasi maka akan tersesat di jalan. Investasi membingungkan karena memang memiliki banyak kosakata yang berbeda dari jenis invesasi dan orang yang berbeda.

Pengertian dan Cara Investasi Reksadana

Namun anda tidak perlu belajar dari nol mengenai cara investasi. Cukup membutuhkan orang yang bisa dipercaya dalam mengelola investasi anda. Membutuhkan manajer investasi dalam hal ini. Biasanya, manajer investasi ini menangani beberapa investor lain dan menghimpunnya untuk melakukan pengelolaan investasi. Inilah yang disebut reksadana alias menjaga investasi para pemilik modal.

Lebih jelas mengenai pengertian investasi reksadana, anda bisa perhatikan definisi di bawah: Sumber

Menurut Undang-undang Pasar Modal nomor 8 Tahun 1995 pasal 1, ayat (27): “Reksadana adalah wadah yang dipergunakan untuk menghimpun dana dari masyarakat Pemodal untuk selanjutnya diinvestasikan dalam portofolio Efek oleh Manajer Investasi.”

Terdapat Tiga Unsur Penting Dalam Pengertian Reksadana Yaitu:

  1. Memiliki dana dari para investor
  2. Diinvestasikan pada efek yang dikenal dengan instrumen investasi
  3. Ada pihak ahli yang menangani investasi reksadana yaitu manajer investasi

Bagaimana Cara Investasi Reksadana Yang Benar Dan Di Tempat Yang Terpercaya?

Perlu diingat bahwa, investasi adalah seperti hutan rimba. Bila memang anda tidak tahu mengenai kosakata tentang investasi, jangan melakukan investasi. Kecuali anda hanya membangun investasi properti sendiri. Misal anda ingin membangun kos-kosan, ruko, atau kios, maka anda sekedar meminjam ke bank lalu bangun properti sampai untung. Atau anda hanya sekedar investasi emas batangan yang akan diurus dan disimpan sendiri.

Reksadana mungkin cukup membantu dalam menangani investasi anda. Manajer reksadana yang sebagai perantara antara anda dengan investasi saham dan lainnya, akan mengelola dana sampai mendapat keuntungan.

Ada beberapa cara investasi reksadana yang harus anda perhatikan sebelum melakukan untuk berinvestasi di dalamnya.

Tujuan Investasi Anda Benar

Bila tujuan anda di investasi reksadana adalah ingin kaya, maka ini salah arah. Investasi reksadana tidak membuat anda kaya. Kalau pun anda kaya, karena sebelumnya memang anda sudah kaya. Investasi 1 miliar, menghasilkan 5 miliar memang hal yan wajar. Jadi, kalau menjadikan anda kaya, lebih baik jangan memilih jenis investasi ini.

Hal ini untuk mengamankan dari para manajer investasi abal-abal yang hanya ingin memanfaatkan uang anda saja dengan mengiming-imingi kaya-raya.

Manajer Investasi Reksadana Harus Terdaftar Dalam BAPEPAM

Ada banyak manajer investasi yang secara sah terdaftar dalam BAPEPAM. Biasanya, manajer investasi yang terdaftar jauh lebih bisa serius dalam menangani dana investasi termasuk menangani bagi hasilnya. Untuk itu, hindari atas nama “kepercayaan yang tak pasti”.

Jenis Investasi Yang Dilakukan Manajer Investasi Reksadana Harus Jelas

Manajer reksadana yang terpercaya akan menjelaskan jenis investasi reksadana yang akan dilakukannya. Hal ini untuk memantapkan sang calon investor sebelum memberikan dananya ke pihak manajer reksadana.

Jenis reksadana sebagai berikut:
  1. Reksadana Saham
  2. Reksadana Pendapatan Tetap
  3. Reksadana Pasar Uang
  4. Reksadana Index

Investasi Reksadana Yang Dilakukan Manajer Investasi Reksadana Memang Sesuai Syariat

Dalam dunia investasi, memang rawan keharaman. Bila anda seorang muslim tidak jeli dalam investasi yang dilakukan manajer reksadana, maka uang yang akan diinvestasikan bisa saja masuk dalam jalur haram alias terlarang dalam syareat. Memang sulit menentukan halal dan haramnya karena anda belum paham pengelolaan investasi yang dilakukan manajer. Bila ragu, tinggalkan saja.

Sistem Pembagian Keuntungan Harus Jelas

Bila memang ada sistem kelas dalam permodalan, tentu pembagiannya pun berbeda tiap kelasnya. Kelas tertinggi akan mendapat keuntungan jauh lebih besar. Alangkah baiknya bila permodalan tiap investor memang sama tiap kelasnya.

Mengikuti Investasi Teman atau Sodara Yang Sudah Mendapat Keuntungan

Alangkah baiknya bila memang mengikuti teman atau sodara yang sudah mendapat keuntungan dalam reksadana. Hal ini untuk memantapkan anda dalam investasi jenis ini. Bila memang belum ada yang berinvestasi, setidaknya mencari info mengenai orang yang sudah mendapat keuntungan.

Dapatkan informasi artikel terbaru ke email anda. Jangan ketinggalan. Masukkan email aktif Anda di bawah:

0 Response to "Pengertian dan Cara Investasi Reksadana"