Investasi Emas – Menabung Untuk Masa Depan

Investasi emas merupakan salah satu alternatif menabung uang di bank. Banyak orang yang sudah berinvestasi ke dalam emas untuk masa depannya. Investasi emas merupakan investasi yang lebih aman daripada investasi yang lain, termasuk investasi dalam tabungan. Alasannya, karena memang kendali investasi ada di tangan anda sendiri namun tidak terpengaruhi pasar agar tetap dikatakan aset.

Investasi Emas – Menabung Untuk Masa Depan
Karena emas merupakan barang mulia dan aset nyata, sama halnya dengan uang, maka bila anda melakukan investasi emas, bagaimanapun keadaan emas (baik campuran atau murni) maka tidak akan turun nilainya seiring lamanya umur emas. Karena harga emas sudah dipatenkan dalam bentuk gram. Bila satu gram seharga sekian rupiah maka akan tetap seperti itu. Untuk itu, bila memang mau menginvestasikan uangnya ke dalam emas, lebih baik memilih emas murni bukan emas perhiasan.

Anda pun harus memperhatikan bagaimana transaksi pembelian emas untuk keperluan sebagai investasi. Jangan sampai investasi emas yang anda lakukan melakukan hal-hal yang dilarang. Sebelum membeli emas, anda harus perhatikan, apakah menggunakan sistem kredit atau kontan dalam membeli emas. Jangan sampai menggunakan sistem kredit dalam membeli emas karena akan masuk pada status “riba”. Kenapa menjadi riba? Karena status emas sama seperti mata uang. Bila memang menggunakan sistem kredit, pastikan bahwa yang dikreditkan bukan emas namun sekedar kredit biasa, peminjaman uang pembelian emas.

Investasi emas merupakan kegiatan untuk menabung. Bisa dikatakan alternatif dari menabung uang. Karena tidak ada yang bisa diharapkan dengan emas, kecuali hanya menunggu harga emas naik. Bila memang menunggu harga emas naik, memang naiknya berapa persen? Itu pun bergantung jumlah gram emas yang anda miliki untuk membesarkan keuntungan dari penjualan emas. Jadi, ini adalah bentuk investasi jangka panjang.

Seperti yang sudah anda ketahui, nilai mata uang memang terus mengalami penurunan. Padahal, dahulu nilai tukar mata uang tidak sampai 5.000 per 1 dollar. Namun sekarang sudah menacapai lebih dari 10.000 per satu dollar. Nilai mata uang yang anda miliki berkurang. Bila anda ingin transaksi memakai dollar, anda membutuhkan uang 10.000 untuk mendapatkan 1 dollar. Ini artinya, menabung untuk saat ini tidak aman bila memang untuk investasi.

Jadi, jelaslah bahwa investasi emas merupakan kegiatan menabung. Bila anda memiliki kelebihan uang, jangan semua ditabungkan ke dalam bank. Seperti yang sudah saya jelaskan, nilai mata uang bisa saja terus menurun. Jadi, sebagian uang anda harus dirubah dalam bentuk emas agar bila mata uang mengalami penurunan, justru harga emas mengalami kenaikan. Bila begitu, jelas investasi emas dikatakan aman.

Berikut saya akan jelaskan kesimpulan beberapa manfaat dalam investasi emas:


Emas Adalah Aset Nyata

Emas merupakan aset nyata. Ketika membeli emas, nilai emas tidak akan turun seiring perjalanan umur emas yang sudah dibeli. Tidak seperti membeli mobil, dikatakan aset, namun nilainya akan turun seiring perjalanan umur mobil yang sudah dibeli.


Investasi Emas : Kendali Di Tangan Anda Sendiri

Bila uang anda dirubah dalam bentuk emas, alias anda membeli emas, maka artinya uang anda dilindungi dalam emas anda. Ketika harga emas naik tentu uang anda akan bertambah. Emas anda tidak akan terpengaruh keadaan pasar, bank dan pemerintah. Tidak seperti investasi properti atau dalam investasi bisnis properti yang terpengaruh keadaan pasar. Bila harga emas turun, tentu barang-barang seperti bahan pokok pun turun. Artinya, tidak ada pengaruh terhadap daya beli anda.

Namun pengamanan investasi emas harus diperketat agar tidak diambil orang, baik keluarga atau orang lain sebagai kendali anda. Kalau anda tidak memiliki kendali, maka aset bisa ludes.


Cara Menabung Yang Paling Efektif

Bila untuk mempersiapkan masa depan, persiapkan diri dengan menabung. Karena menabung adalah sebuah sikap mempersiapkan diri. Namun, bukan berarti hanya menabung uang. Karena menabung uang berarti siap dalam turunnya nila tukar dan tidak ada harapan untuk naik nilai tukarnya.

Bila memiliki kelebihan uang, lebih baik gunakan uang anda untuk investasi emas. Ini jauh lebih aman daripada menabung uang. Tentu, seperti halnya uang yang ditabung dalam bank, maka anda bisa menabung pada bank emas yang sudah dipercaya melindungi aset emas anda. Apakah ada bank emas?

Dapatkan informasi artikel terbaru ke email anda. Jangan ketinggalan. Masukkan email aktif Anda di bawah:

0 Response to "Investasi Emas – Menabung Untuk Masa Depan"