Investasi Bisnis - Startup Di Bidang Jasa Marketplace

Sekarang ini bermunculan investasi bisnis yang bergerak dalam jasa marketplace alias situs jual-beli. Investasi ini berfokus dalam program memberikan sarana jual beli sekaligus pemasaran pada para pedagang yang berkeinginan menjual produknya secara online. Biasanya, layanan ini digunakan untuk membantu para UKM yang masih kesulitan dalam hal membuat sarana penjualan seperti website toko online. Seperti yang kita tahu, harga pembuatan toko online terbilang mahal. Dengan hadirnya situs marketplace membuat para pedagang UKM terbantu.

Investasi Bisnis - Startup Di Bidang Jasa Marketplace
Image From Google

Investasi bisnis dalam pembuatan situs marketplace merupakan investasi yang bagus, mengingat banyak para pedagang ofline yang mengalihkan atau menambahkan sarana penjualan via online. Ketika memberlakukan sistem bagi-hasil, tentunya akan memberikan pemasukan yang tidak sedikit untuk pemilik saham. Namun perlu disadari, semakin banyak pedagang yang berminat gabung harus semakin serius juga dalam marketing.

Bagaimana langkah-langkah penting berinvestasi dalam bisnis dengan membangun startup bidang jasa marketeplace atau disebut startup pelayanan jual-beli online? Terpenting adalah pembuatan sistem penjualan yang berkualitas dan terpercaya. Berikut langkah-langkah selanjutnya dalam kesuksesan investasi bisnis:

Menarget Permasalahan Spesifik dan Kejelasan Solusi

Berawal dari menarget permasalahan spesifik dan memberikan langkah-langkah yang jelas sebagai solusinya, maka bisa sebagai awal kesuksesan investasi sebuah startup bisnis. Situs marketplace didirikan berawal dari sebuah masalah sederhana yaitu mengenai “kesulitan sarana penjualan dan bisa dipercaya pembeli”. Berawal dari masalah itu, dibuatlah bagaimana solusi yang mampu menjawab atas masalahnya. Dalam hal ini, contoh dari situs Tokopedia dan Bukalapak bisa menjawab permasalahan para pelaku UKM online dengan menghadirkan situs jual-beli online yang profesional dan dipercaya.

Mengandalkan Tim Ahli Pembuatan Website Marketplace

Kunci mengandalkan tim ahli pembuatan website marketplace adalah kualitas keahlian dan menyediakan pelayanan berkelanjutan. Karena investasi ini bukan investasi target jangka pendek, melainkan jangka panjang yang membutuhkan pengurusan berkelanjutan.

Ketika mengandalkan tim eksternal yakni dari jasa pembuatan website, pastikan bahwa mereka memiliki keahlian dalam pembuatan situs kumpulan toko online yang bisa beradaptasi dengan perkembangan pemrograman web terbaru. Sekarang ini pemrograman web lebih mendukung dalam web responsive atau mobile.

Pastikan juga mereka memberikan pelayanan lanjutan. Dalam segi keamanan, perubahan tampilan, dan sebagainya tentu tim eksternal sangat dibutuhkan untuk ke depannya.

Memastikan Kepentingan Arus Kas Suatu Investasi Bisnis Jangka Panjang

Bagaimana perjalanan arus kas dari sebuah investasi bisnis di bidang pelayanan jual-beli online alias marketplace? Apakah akan bernasib seperti Berniaga.com yang gulung tikar? Ketika melihat antara Berniaga dan Olx, terlihat jelas bagaimana perbedaan arus kasnya. Berniaga yang konsen dengan layanan gratis, membuatnya gulung tikar. Sedangkan Olx (yang dulu bernama Tokobagus) dengan tetap konsisten memberikan pelayanan berbayar membuatnya tetap berjalan. Ini berawal dari sikap awal, berasal dari mana sumber arus kas yang akan dihasilkan sampai berjangka panjang.

Ketika membuat situs marketplace, harus menentukan sikap yang jelas dari mana sumber arus kasnya yang bisa membuat investasi bisnis berjangka panjang. Apakah akan memberikan layanan gratis namun berfokus jasa pemasangan iklan, memberi pelayanan gratis sistem bagi hasil komisi, atau bagaimana? Ketika salah sikap di awal membangun, berakibat tidak bertahan lama hanya karena sedikit permasalahan dalam persaingan.

Artikel terkait: 3 Jenis Pendapatan Hasil dari Investasi

Melakukan Penggalangan Dana Kepada Para Investor

Cara sederhana dalam melakukan presentasi untuk para investor adalah menjelaskan penjabaran tentang “dasar pemikiran” bisnis yaitu tentang misi sebuah bisnis atas latar belakang masalah dengan menghadirkan solusi yang jelas di tengah-tengah persaingan yang bisa terjadi sewaktu-waktu. Ketika sudah menjelaskan penjabaran atas dasar pemikiran, maka bisa menunjukkan pembahasan bagaimana sistem bisa bekerja maksimal sesuai dasar pemikirannya.

Biasanya, sebelum melakukan investasi dalam bisnis, investor akan melihat proyek bisnis berdasarkan:

  1. Kejelasan masalah (rencana produk)
  2. Kejelasan solusi (produk)
  3. Sistem berjangka panjang
  4. Keadaan pasar, dan
  5. Persaingan

Ketika Anda belum mampu bagaimana melakukan penggalangan dana, itu pertanda bahwa investasi bisnis yang Anda bangun membutuhkan uang pribadi yang bisa saja besar apalagi ketika masuk dalam pengurusan legalitas perusahaan. Padahal, tidak harus membutuhkan uang untuk menghasilkan uang.

Dapatkan informasi artikel terbaru ke email anda. Jangan ketinggalan. Masukkan email aktif Anda di bawah: