Cara Investasi Properti Tanah Menguntungkan

Berbagai cara investasi properti bisa dilakukan. Anda bisa berinvestasi properti yang berbentuk bangunan atau yang masih berstatus tanah. Namun inti dari properti adalah hadirnya tanah sebagai sebab munculnya berbagai bentuk properti. Bila memang mau berinvestasi murni, maka bisa langsung dengan memiliki tanah. Pastikan bahwa investasi yang Anda lakukan bisa menguntungkan di kemudian hari.

Cara Investasi Properti Tanah Menguntungkan
Image From Google

Jumlah penduduk bertambah, sedangkan tanah yang sebagai modal pembangunan tidak ata sulit bertambah. Ini menandakan bahwa investasi properti berupa tanah memang menguntungkan, apalagi sudah berbentuk bangunan. Memang, menguntungkan atau tidaknya sebuah properti tanah, bergantung juga pada lokasi dimana bisa mempengaruhi harga tanah. Harga tanah di wilayah konflik tentu jauh lebih murah daripada tanah yang berada di wilayah aman. Atau memang si pemilik tanah sedang sangat membutuhkan uang sehingga ia menjualnya di bawah harga ketika awal membeli tanah.

Artikel: Investasi Properti dan Permasalahan Lahan Hidup

Namun prinsip umum dalam investasi properti khususnya tanah adalah selalu terjadi kenaikan harga properti seiring naiknya jumlah penduduk yang disertai meningkatnya kebutuhan akan properti. Sehingga bila Anda membeli tanah 1 ha sekitar harga sekian, maka di 5 tahun ke depan harga tanah bisa melebih harga awal ketika pembelian tanah.

Berikut cara yang bisa Anda lakukan ketika berinvestasi dalam tanah agar Anda berada di jalur investasi properti terbaik dan menguntungkan tanpa harus menunggu lama.

Lihat Faktor Pengungkit Harga Properti Tanah

Dalam sebuah investasi bisnis, daya ungkit adalah faktor penting untuk membangun startup bisnis yang membuat pemilik bisnis tidak perlu lagi terlibat operasional bisnis. Semakin banyak daya ungkit yang melengkapi perjalanan kesuksesan bisnis, maka si pemilik semakin santai dalam berbisnis namun tetap mendatkan keuntungan besar.

Bagaimana dengan daya ungkit untuk investasi properti tanah? Bahasa yang benar adalah faktor pengungkit harga untuk properti bisa menjadikan properti memiliki harga tinggi. Semakin banyak pengungkit harga, maka properti semakin mahal. Dalam hal ini, tanah di Jakarta jauh lebih mahal daripada tanah di Sukabumi dalam ukuran yang sama. Hal ini karena di Jakarta memiliki banyak pengungkit harga yang membuat harga properti tanah menjadi mahal.

Berikut adalah tanah yang memiliki faktor pengungkit harga yang membuat harga tanah menjadi tinggi:

  • Lokasi tanah memiliki pertumbuhan ruko dan rumah kontrakan
  • Lokasi tanah di area pabrik-pabrik industri
  • Lokasi tanah memiliki kegiatan ekonomi yang sehat
  • Lokasi tanah memiliki pertumbuhan pemukiman penduduk yang cukup signifikan
  • Lokasi tanah diprediksi sebagai lahan komersial
  • Lokasi tanah diprediksi sebagai lahan industri

Walau tanah selalu mengalami kenaikan akibat berbagai faktor, namun harus diperhatikan, bagaimana kecepatan kenaikan harga atas properti tanah di tiap lokasi? Maka dengan memperhatikan faktor pengungkit di atas, Anda bisa menarget tanah untuk kegiatan investasi yang menghasilkan kecepatan dalam kenaikan harga.

Lihat Faktor Legalitas Properti Tanah

Investasi tanah terbilang menguntungkan karena harga selalu mengalami kenaikan. Apalagi di suatu lokasi memungkinkan harga tanah bisa naik tinggi dalam waktu cepat. Investasi tanah pun terbilang aman karena memang terbebas dari kebakaran, gempa, banjir, kebangkrutan, dan yang lainnya. Namun hal itu akan sia-sia bila memang tanah yang diinvestasikan tidak memiliki surat legalitas yang sebagai pengaman atas investasi berharganya.

Artikel tertait: Perhatikan Legalitas Properti Sebelum Membeli

Sekarang ini sering terjadi sengketa tanah antara pemilik tanah hasil warisan dengan pemilik tanah yang memiliki legalitas tanah. Ada juga sengketa mengenai pemilik surat tanah yang sah dengan pemilik surat tanah yang palsu. Belum lagi penipuan-penipuan yang lainnya. Hal ini wajar terjadi, mengingat kebutuhan tanah untuk hidup yang semakin sempit dan mahal. Bila memang tanah yang dibeli tidak memperhatikan faktor legalitas, bisa jadi akan masuk dalam wilayah konflik dan penuh resiko. Perhatikan berbagai faktor sebelum investasi properti tanah.

Dapatkan informasi artikel terbaru ke email anda. Jangan ketinggalan. Masukkan email aktif Anda di bawah:

0 Response to "Cara Investasi Properti Tanah Menguntungkan"